Header Ads

Install File SWF pada Browser for Android Kitkat, Lollipop

Cara Menjalankan File SWF pada Browser for Android - Awalnya saya mencoba membuka link artikel saya yang berjudul Memasang dan Menggunakan Kode Warna Secara Online melalui browser Google Chrome for Android. Setelah saya lihat ternyata Kode Warna tidak tampil lalu saya refresh beberapa kali namun hasil tetap sama alias nihil.

Dari mengecek versi Google Chrome for Android via Google Play sampai mencoba mendownload aplikasi SWF Player dengan harapan file SWF untuk kode warna dapat tampil di ponsel android saya, tetapi semua itu tak memberikan perubahan. Setelah saya googling ternyata di salah satu forum android luar negeri mengatakan bahwa "Chrome untuk Android tidak pernah didukung Flash - bahkan dengan APK diinstal". Selanjutnya dari para pengunjung di beberapa blog-blog yang membahas seputar android juga memang banyak mempertanyakan masalah file swf yang tidak bisa dijalankan di perambah google chrome.

Install File SWF pada Browser for Android Kitkat, Lollipop


Sekedar kita ketahui bahwaa .swf adalah file dukungan yang dimainkan oleh Adobe Flash Player dan sayangnya, flash tidak didukung lagi di Android setelah versi 4.1. Ya, sampai saat ini baru itu yang dapat saya ketahui tentang support swf terhadap Google Chrome for Android.

Selain browser Google Chrome for Android, browser seperti Mozilla Firefox, Opera, dolfin dan lainnya di versi android semuanya tidak mendukung flash file swf.

Apa itu file SWF ?
SWF adalah singkatan dari Small Web Format yang merupakan File Format Adobe Flash yang digunakan untuk multimedia, grafik vektor seperti animasi interaktif dan games yang mana semuanya berasal dari Shockwave Flash. file SWF hanya bisa dimainkan di web browser yang kompatibel flash. Sebuah file SWF memiliki ekstensi .swf.

Flash biasanya banyak dimainkan pada game populer karena biasanya dapat langsung dimainkan di web browser. Tapi sayang di android tidak memiliki dukungan langsung untuk memutar file SWF.

Lalu bagaimana mengatasi agar file SWF dapat di jalankan di Android ?
Cara Main Game SWF di Android - Berita baiknya adalah satu-satunya cara saat ini anda harus menggunakan perambah lainnya. Dari berbagai browser yang dicoba, saya akhirnya bisa mengatasi masalah file swf yang tidak bisa dijalankan di android tadi.

Berikut bagaimana memainkan SWF di Android.
Untuk menjalankan dan memainkan file swf download Photon broswer melalui Google Play Store secara gratis, install lalu jalankan photon browser seperti biasa dan buka website yang memiliki file swf.

Install File SWF pada Browser for Android Kitkat, Lollipop

Untuk bisa menampilkan file swf seperti gambar sebelah kanan bawah, silahkan klik tombol "Lightning Bolt for Flash" seperti terlihat pada gambar kiri bawah. Dengan menginstall Photon Browser maka file swf bisa terbaca/terbuka.  Dengan cara diatas diharapkan kita juga bisa memainkan game flash online di android.

Sekian semoga bermanfaat.


No comments

Powered by Blogger.